SURAT PERNYATAAN MISKIN (SPM)

  30 Desember 2017  |  DESA PAKISTAJI

Para penerima Surat Pernyataan Miskin (SPM) adalah warga miskin yang tidak masuk dalam kuota jaminan kesehatan, baik jaminan kesehatan nasional penerima bantuan iuran dan jaminan kesehatan daerah.

Warga yang ingin mengurus SPM, sekarang tidak perlu lagi ke kabupaten. Mereka cukup mengurus di desa, sekitar 6 jam SPM bisa kami terbitkan dan langsung bisa dipergunakan.

Mekanismenya, warga yang mengurus SPM datang ke kantor desa, operator lantas menginput data warga. Data tersebut lantas dikoneksikan ke dinas kesehatan, dan Dinas Sosial Pemkab Banyuwangi secara berjenjang untuk mendapatkan pengesahan.

"Pengesahan cukup dilakukan secara online. Proses verifikasi data warga pun dilakukan secara bersamaan dengan pengajuan SPM oleh satgas kemiskinan desa yan telah dibentuk oleh desa. Jadi yang jalan ini dokumennya secara online, pemohon SPM tidak usah jalan. Biarkan data yang bergerak di sistemi, kemudian setela di verifikasi dan di ACC oleh Dinas Sosial Pemkab Banyuwangi barula SPM bisa diterbitkan di desa.

Syarat-syarat pengajuan SPM Online :

1. Surat Rujukan dari Puskesmas
2. Surat Pernyataan Miskin - Form C4
3. Scan Foto copy E-KTP Kepala Keluarga dan yang sakit dan difoto copy (dilegalisir camat / Kepala Desa)
4. Foto copy Kartu Keluarga (dilegalisir camat/Kepala Desa)
5. Surat Pernyataan Pemilik Tanah/rumah yang ditempati (jika bersetatus Numpang Karang)

NB. Semua berkas persyaratan tersebut masing-masing digandakan 5 lembar

Semua persyaratan dilengkapi dan diserahkan kepada petugas Desa untuk di entry sesuai dengan 18 (delapan belas) macam kreteria kemiskinan pada waktu verifikasi lapang oleh KesRa/petuas desa untuk mengisi 18 kreterian kemiskinan Pemkab Banyuwani dan ditanda tangani Kepala Desa dan di UPLOAD ke system untuk proses selanjutnya.

 

Contact Details

  Alamat :   Jl. KH. Ahmad Asy'ari Kode Pos 68461
  Email : pakistaji01@gmail.com
  Telp. : Opr 085 232 614 494
  Instagram : pakistaji_smart
  Facebook : Pemdes.Pakistaji
  Twitter : pakistaji


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi